Selasa, 01 Oktober 2013

Bye Bye Stretch Mark






Punya masalah Stretch Mark ?
Sebelum kamu membaca lebih jauh, mungkin ada yang belum mengerti apa sih itu Stretch Mark?
Stretch Mark merupakan garis-garis putih yang timbul diseluruh bagian tubuh yang  biasanya akibat dari perubahan berat badan yang drastis seperti paha, tangan, leher, punggung, bahkan terkadang terdapa pada bagian perut.
Nah, namun jangan khawatir bila diataasi sejak dini, renggangan-renggangan kulit ini bisa disamarkan bahkan dihilangkan. Simak penjelasan lengakapanya dibawah ini.  
  ð  Stretch Mark dan selulit
Tak sedikit yang dapat membedakan antara Stretch Mark dengan selulit. Nah, sebelum mencari solusi untuk mengetahui atau mencegahnya, sebaiknya kenali duluperbedaannya.
            Menurut Dr. Amaranila Lalita Drijono, SpKK, Stretch Mark jelas berbeda dengan selulit. Stretch Mark merupakan suatu kondisi rusaknya lapisan kedua pada epidermis dan tidak  ada hubugannya lemak seperti pada selulit. Dan Stretch Mark dapat terlihat jelas tanpa harus menekan terlebih dahulu. Stretch Mark tebentuk ketika kulit meregang secara berlebihan dalam periode yang lama, yang mengakibatkan kerusakan kolagendan elastin di lapisan kulit dermis. Ditandai dengan garis-garis pada kulit dengan panjang dan lebar yang bervariasi. Warnanya bergantung pada warna alami kulit, dapat berupa garis-garis coklat kemerahan, agak ungu tua, atau coklat gelap. Seiring berjalannya waktu warna memucat dan memutih atau putih keperakan. Pada tahap awal warnanya kemerahan, timbul dan kadang disertai rasa gatal. Stretch Mark dapat muncul dibagian tubuh manapun, tapi umumnya di perut, pinggul, payudara, lengan atas, paha, dan bokong.
            Lain halnya selulit yan gmerupakan kegagalan sistem detoks tubuh yang ditandai dengan lemak berlebih di jaringan subkutan menekan pembuluh darah dan aliran getah bening  yang berfungsi sebagai saluran pembuangan hasil metabolisme/racun. Gangguan ddetoksifikasi ini bila berlangsung lama akan membentuk jaringan parut sehingga gambaran khas kulit bergelombang seperti matras atau kulit jeruk. Cara memeriksa adalah dengan mencubit pada bagian kulit tersebut, maka akan terlihat seperti kulit jeruk dan dalam keadaan parah, tanpa pencubitan pun sudah tampak. Selulit banyak dijumpai disekitar pantat, baha bagian belakang, pinggang dan payudara.

Faktor penyebab :
ð  Stretch Mark biasanya terjadi akibat peregangan kulit dalam waktu cepat yang disebabkan beberapa hal sebagai berikut :
1.       Kehamilan, hormon yang dihasilkan selama kehamilan melembutkan ligamen serta melembutkan serat kulit. Hal ini meningkatkan kemungkinan  meningkatnya Strech Mark.
2.      Perubahan berat badan secara drastis, dari kurus ke gemuk, atau sebaliknya , misalya diet ketat dalam periode lama.
3.      Kebiasaan memakai korset atau baju yang sangat ketat sehingga menyebabkan trauma kulit.
4.      Diduga adanya peran hormon glukokortikoid. Hal ini terkaid makanan dengan kalori yang berlebihan. Biasanya sering muncul pada anak-anak atau remajayang mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan jarang bergerak aktif.
5.      Muncul selama pubertas, pada masa pubertas laju petumbuhan tubuh dan hormon pada remaja sangat cepat. Dengan demikian, lapisan kulit dermis bertambah bebannya. Biasanya pada kulit remaja perempuan akan muncul  Stretch Mark  di payudara, paha lengan dan pinggul. Sedangkan pada laki-laki pada bagian pinggang, lengan atas, dan belakang lutut.
6.      Kurang makan sayur dan buah. Gizi tidak seimbang, ditambah banyaknya konsumsi karbohidrat (tinggi kalori ) . sehingga kolagen sulit terbentuk kalau gizi tidak seimbang.

Atasi dengan krim
                                    Stretch Mark memank sulit dihilangkan, tetapi dapat mengurangi resikonya. Misalkan dengan gaya hidup sehat dan menjaga pola makan dengan gizi seimbang seperti konsumsi makan sehat, olahraga teratur, istirahat cukup, dan banyak minum air putih.
                                    Seperti diketahui kolagen terbentuk setiap 28 hari sekali. Tapi terbentuknya emnjadi lebih lambat seiring pertambahan usia. Kolage mudah rusak seiring pertambahan usia, kurang olaharaga, seiringbergadang, dan konsumsi junk food berlebihan.
                                    Meski tidak dapat hilang sempurna (wara putih ),  tapi stretch mark dapat disamaran, dan hasilnya akan hilang sempurna. Jika kondisinya masih tahap awal atau ketika bewarna merah. Salahsatunya dengan cara mengolesi krim khusus * mengandung tretinion / asam Vitamin A ) yang dapat menstimulasi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit, dan memperlancar peredaran darah sehingga memberikan nutrisi pada kulit. Jika dilakukan secara intensif dan teratur dalam kurun waktu yang cukup, dapat membantu memperbaiki warna kulit dan mengurangi ukuran Stretch Mark. Bila sudah terlanjur bewarna putih dapat diolesi dengan  krim yang mengandung centella asiatica (pegagan), shea butter, dan almond oil, yang harus digunakan degan teratur, tehnologi laser pulsed dye dan radiofrequency, juga bisa mengatasi Stretch Mark , tentunya dibawah pengawasan dokter.






7 komentar:


  1. Kami IONQQ * NET Agen Poker Terpercaya dengan 5 support bank ( BCA, MANDIRI, BNI, BRI & DANAMON )
    Dengan Minimal Deposit Rp. 20,000,- | pin bb:58ab14f5

    BalasHapus
  2. Paha saya merah merah seperti bintik bintik merah, bagaimana cara mengilanginya, apakah saya harus meninggal?

    BalasHapus